10 Game Bertani Yang Mengajarkan Keterampilan Pertanian Pada Anak Laki-Laki

10 Game Bertani yang Mengasah Keterampilan Pertanian pada Bocah

Bermain game ternyata nggak cuma sekadar hiburan, lho. Kini, makin banyak game yang dirancang untuk mengasah keterampilan anak dalam berbagai bidang, termasuk pertanian.

Buat para bocah yang demen ngubek-ubek sawah dan main sama hewan ternak, berikut ini 10 game bertani yang bisa kasih pengalaman seru sekaligus ngajarin soal dunia pertanian:

1. Farming Simulator

Game satu ini udah jadi legenda di kalangan pecinta simulasi pertanian. Dengan grafis realistis, Farming Simulator memungkinkan bocah mengelola pertanian mereka sendiri, dari mencangkul tanah, menanam bibit, sampai memanen hasil panen.

2. Stardew Valley

Game yang menggemaskan ini memadukan elemen pertanian dan simulasi kehidupan. Bocah bisa ngebangun pertanian mereka sendiri, berinteraksi dengan penduduk kota, dan menjelajahi tambang yang penuh dengan harta karun.

3. Harvest Moon

Seri Harvest Moon udah lama jadi pilihan klasik buat pecinta game pertanian. Bocah bisa merawat tanaman, memelihara hewan, dan membangun hubungan dengan penduduk desa. Kerennya, ada juga fitur pacaran dan berkeluarga, lho!

4. Minecraft

Meski bukan game pertanian khusus, Minecraft punya mode bertahan hidup yang bikin bocah harus bertani buat makan. Mereka bisa menanam gandum, wortel, dan bit, plus memelihara ayam untuk telur dan daging.

5. Animal Crossing: New Horizons

Game ini fokus pada pembangunan pulau dan berkebun. Bocah bisa menanam bunga, buah, dan sayuran, serta memburu serangga dan ikan. Uniknya, hasil panen bisa dijual ke penduduk desa atau digunakan untuk dekorasi.

6. My Time at Portia

Game ini lebih berfokus pada aspek membangun dan kerajinan. Bocah bisa memilih jadi petani, penambang, atau pengrajin, dan membangun kota Portia sendiri. Mereka juga bisa menanam tanaman untuk dijual atau diolah jadi barang lain.

7. Story of Seasons: Pioneers of Olive Town

Ini dia game pertanian terbaru dari seri Story of Seasons. Bocah bisa menjelajahi kota pesisir Olive Town, bercocok tanam, memelihara ternak, dan berinteraksi dengan penduduk lokal yang ramah.

8. Farm Together

Game online ini memungkinkan bocah bermain bersama teman atau orang lain secara real-time. Berbeda dengan game lain, Farm Together lebih menekankan pada kerja sama dan bersosialisasi, sambil tetap menyediakan aktivitas pertanian standar.

9. Dinkum

Game Australia ini mirip Harvest Moon tapi dengan sentuhan unik. Bocah bisa bertani, menambang, memancing, dan membangun kota dari kemah kecil jadi pusat perkotaan yang ramai.

10. The Sims 4: Cottage Living

Expansion pack ini menambahkan dunia baru yang dipenuhi pedesaan ke game The Sims 4. Bocah bisa mengelola pertanian organik, memelihara hewan, dan terlibat dalam kegiatan pedesaan seperti berkuda dan membuat selai.

Dengan memainkan game-game di atas, bocah nggak cuma bisa bersenang-senang, tapi juga belajar banyak soal pertanian. Mulai dari menanam tanaman, memelihara hewan, sampai mengelola sebuah pertanian yang sukses.

Siapa tahu, setelah main game-game ini, para bocah jadi terinspirasi buat jadi petani sungguhan suatu saat nanti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *